Menjawab Kapan Bayi Bisa Tengkurap dan Manfaat Tersebut
Kesehatan

Menjawab Kapan Bayi Bisa Tengkurap dan Manfaat Tersebut

Fase manusia pada saat masih bayi tentu memiliki beragam gerakan sebagai tanda bahwa sudah mulai mengalami perkembangan. Contoh paling jelas adalah melakukan posisi tengkurap juga menjadi tanda bahwa sebagian bayi akan terus mengalami pertumbuhan secara perlahan. Banyak pertanyaan mengenai kapan bayi bisa tengkurap dan apa yang membuat proses ini menjadi cukup penting untuk bayi nantinya.

Melihat faktanya, umur bayi mulai melakukan pose tengkurap itu sekitar 7 minggu atau 8 minggu awal setelah lahir. Pose tengkurap ini dapat terlihat jelas pada saat sudah bisa mengangkat bagian kepala pada 45 hingga 80 derajat dengan bertahap. Masa pada saat berlatih tengkurap sangat tepat untuk membantu ikatan orang tua kepada bayi agar semakin dekat. Hal paling utama saat ini berlangsung adalah selalu mengawasi beragam gerakan yang dilakukan.

Mengenai Fakta Bayi Saat Tengkurap

Bisa diperhatikan, ketika bayi akan berlatih tengkurap menjadi indikasi jelas bahwa bayi melatih otot gerak bagian kepala. Nantinya, bagian bahu, leher, dan sekitar kepala bisa menjadi lebih kuat dan membuat kemampuan gerak disetiap bagian tubuh meningkat. Karena hal ini, proses dalam pembelajaran tengkurap perlu proses dengan tergantung kemampuan dari setiap bayi yang tidak bisa disamakan.

Penting untuk melatih proses tengkurap, beragam cara seperti ini bisa dijadikan alternatif :

  1. Sesuaikan dengan dada anda

Proses disini akan membuat anda meletakkan bagian tubuh anak di atas dada agar proses bisa menjadi lebih cepat. Biasanya, bayi akan condong lebih aman dan nyaman ketika melakukan perkembangan tersebut dengan sentuhan dari orang tua secara langsung. Kontak pada dada orang tua dan bayi bisa dibarengi dengan melakukan semacam proses untuk menidurkan atau dengan bermain bersama.

  1. Gunakan bantuan cermin

Siapa sangka bahwa cermin bisa sangat penting dalam membantu beragam proses tumbuh kembang bayi terutama saat tengkurap. Menggunakan bantuan cermin ternyata bisa dikatakan karena membuat rasa penasaran dari bayi muncul dan membuat bagian geraknya berkembang. Secara tidak langsung, maka bayi bisa perlahan untuk mengangkat kepala untuk melatih tubuh melihat bayangan dari dirinya.

  1. Barengi dengan kegiatan lain

Agar tidak membuat kehabisan akal untuk anda orang tua, coba juga dengan dibarengi melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Seperti bermain suatu permainan ringan, mengganti popok, atau menggunakan perlengkapan dari bayi. Cara ini akan mendorong secara perlahan pada bayi agar bisa bergerak dalam mengubah posisi tubuh menjadi lebih mudah.

Ketahui betul proses dalam bayi tengkurap menjadi salah satu masa emas yang dimana tidak akan bisa terjadi lagi untuk orang tua. Oleh karena itu, maka pastikan juga agar mendukung selalu dengan sabar pada saat bayi mulai berusaha agar bisa tengkurap dengan cepat. Kondisi bayi juga harus selalu nyaman ketika akan melakukan beragam proses tersebut dengan pantauan anda sebagai orang tua.