Tanda Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya
Kesehatan

Tanda Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya

Alergi susu menjadi salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering terjadi, terutama pada anak-anak. Ya, ketika anak menderita alergi susu sapi, maka ia tidak akan bisa mengonsumsi semua produk yang berbahan dasar susu sapi. Padahal, bisa dikatakan susu sapi memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kondisi mereka.

Tentu saja, gangguan kesehatan ini perlu menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Mereka harus memperhatikan kondisi anak mereka jika memang ada alergi susu yang terjadi. Selain itu, tindakan yang tepat juga diperlukan agar alergi yang terjadi tidak semakin parah.

Faktor Risiko Alergi Susu Sapi

Perlu diketahui bahwa ada beberapa kondisi orang –khususnya anak-anak, yang memiliki risiko lebih tinggi terkait gangguan alergi susu ini. Adapun beberapa faktor yang meningkatkan risiko terkena alergi susu sapi adalah sebagai berikut:

  • Adanya riwayat alergi yang terjadi pada anggota keluarga sebelumnya, seperti rhinitis, hay fever, asma dan lainnya
  • Anak-anak dengan usia yang masih sangat muda. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan mereka belum bisa bekerja dengan baik dan belum sempurna
  • Adanya riwayat peradangan yang terjadi pada kulit

Beberapa poin di atas merupakan faktor yang bisa membuat alergi susu sapi menjadi lebih parah. Tentu, ada beberapa faktor lain yang mungkin saja menjadi perantara yang harus dipahami sebelumnya.

Tanda Alergi Susu Sapi

Jika anak Anda menderita alergi susu sapi, maka akan muncul beberapa tanda-tanda yang bisa menjadi dasar penanganan lanjutan. Adapun beberapa tanda-tanda yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Gangguan pencernaan yang terjadi, seperti muntah, nyeri pada perut dan lainnya
  • Ruam dan gatal yang muncul di bagian kulit
  • Bengkak yang muncul di bagian tubuh tertentu
  • Batuk yang tak kunjung reda
  • Rewel atau sering menangis

Tanda munculnya alergi susu pada anak tersebut harus dipahami dengan baik. Jika tanda-tanda tersebut muncul, maka penanganan harus segera dilakukan.

Penanganan Pada Bayi yang Alergi Susu Sapi

Penanganan pada bayi atau anak Anda yang mengalami alergi susu sapi sangat penting untuk dilakukan agar tidak ada masalah yang nantinya lebih buruk. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk penanganan pada masalah ini, seperti:

  • Pemberian ASI

Pemberian ASI menjadi hal pertama yang bisa dilakukan. ASI merupakan nutrisi yang paling baik untuk diberikan kepada bayi. Dalam hal ini, ada baiknya jika seorang ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka minimal 6 bulan pertama

  • Susu kedelai

Jika susu sapi tidak cocok untuk bayi Anda, maka Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. Kedelai merupakan sumber protein yang baik sehingga pemberian susu kedelai kepada bayi tentu tetap akan bisa memberikan kecukupan nutrisi yang maksimal

Nah, demikian beberapa ulasan tentang alergi susu sapi yang bisa terjadi pada anak Anda. Pahami gangguan kesehatan ini dengan baik dan lakukan penanganan yang tepat jika terjadi.

Deskripsi: alergi susu sapi adalah salah satu masalah yang cukup serius yang menyerang anak Anda. Lakukan penanganan yang tepat sebelum dampak buruk datang.