Kram Perut Ketika Hamil Muda
Kesehatan

Mengenal Penyebab Kram Perut Ketika Hamil Muda

Kram perut saat hamil muda adalah keluhan yang sangat wajar dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya juga sangat beragam, bisa dikarenakan oleh hormon sampai kelainan yang ada pada janin. Gejala seperti ini perlu diwaspadai sebab bisa jadi salah satu tanda dari adanya gangguan serius. Oleh sebab itu untuk mengatasinya Anda perlu tahu beberapa penyebabnya di bawah ini!

Perubahan Hormon

Ketika hamil hormon progesteron biasanya akan mengalami peningkatan dan menjadikan dampak pada penurunan sistem kerja yang ada di saluran cerna. Penurunan fungsi pada saluran cerna menyebabkan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil diolah dengan lambat. Pada akhirnya akan memicu sembelit dan kram perut.

Pembesaran Ukuran Rahim

Ketika hamil tentunya menjadikan ukuran dari rahim lebih besar sehingga muncul peregangan yang ada bagian dinding perut serta memicu perubahan posisi usus. Kondisi yang seperti ini tentunya bisa menyebabkan ibu hamil jadi mengalami kram perut serta mual.

Peregangan Ligamen

Nyeri ligamen pada dasarnya dapat menjadi penyebab dari kram perut ketika hamil muda, terutama di saat kehamilan mulai memasuki trimester kedua. Penyebabnya karena ligamen diharuskan untuk menopang rahim yang mana membesar serta menebal seiring dengan perkembangan janin.

Nyeri ligamen pada umumnya akan digambarkan dengan rasa nyeri tajam dan menusuk, terutama pada saat ibu hamil mengubah posisi ketika tidur secara tiba-tiba, batuk dan pada saat keluar dari bak mandi, atau

Keguguran

Keguguran yang terjadi di awal kehamilan cukup sering terjadi. Paling tidak 1 dari 5 kehamilan akan mengalami keguguran di usia awal kehamilan. Penyebabnya karena janin tidak berkembang secara baik.

Jika Anda mungkin mengalami kram perut di usia hamil muda yang disertai flek maupun pendarahan beberapa hari, maka bisa jadi hal ini merupakan sebuah tanda dari keguguran. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter supaya bisa memperoleh penanganan yang tepat.

Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik juga bisa jadi penyebab kram perut ketika usia kandungan masih muda dan biasanya rasa sakit yang akan dirasakan juga cukup hebat. Kehamilan ektopik atau yang dikenal dengan kehamilan di luar kandungan bisa saja terjadi karena adanya pembuahan sel telur yang ada di luar rahim.

Selain kram perut, gejala lain mungkin saja akan dialami Anda dan ibu hamil akibat kehamilan ektopik yakni munculnya rasa nyeri di bagian rongga panggul, perdarahan yang berasal dari vagina, pusing serta lemas, nyeri pada bagian bahu, dan tanda-tanda syok karena perdarahan sehingga harus ditangani oleh dokter dengan segera.

Meskipun kram perut menjadi hal wajar pada saat hamil namun Anda juga perlu sedikit waspada. Pasalnya jika dibiarkan saja mungkin akan menimbulkan beberapa masalah dan bisa jadi masalah tersebut juga cukup serius. Semoga artikel parenting yang ada di atas bisa membantu.