Gabung di Industri Kreatif 4.0
Others

Gabung di Industri Kreatif 4.0? Berikut 7 Hal yang Harus Disiapkan

Perpaduan industri dengan kreativitas kini jadi hal yang lumrah. Siapa pun dapat berkecimpung dalam dunia ekonomi bisnis. Kamu yang punya rencana bergabung di Industri kreatif 4.0, ada beberapa hal yang harus disiapkan.

Melek teknologi tentu harus jadi modal utama karena tajuk “industri 4.0”. Namun itu saja tidak cukup tentunya masih ada hal lain yang harus dipahami agar lancar berbisnis di era ekonomi kreatif berbasis teknologi ini. Siap-siap, ini dia kunci bergabung di industri masa kini.

Hal yang Harus Disiapkan

Berkecimpung dalam dunia industri bukanlah hal yang mudah. Selain butuh pemahaman akan bidang yang akan digeluti, kamu juga butuh hal lain sebagai hal pendukung. Namun ada beberapa hal pendukung yang bisa jadi bekal untuk siap berkecimpung di era ekonomi global ini.

  • Melek Digital

Melek digital jadi hal pertama yang harus dimiliki. Bukan hanya bisa mengoperasikan aplikasi berbasis online tapi kamu juga harus bisa memaksimalkan potensi industri lewat digitalisasi. Ini juga jadi salah satu fondasi agar merek industri melejit kencang.

Alasannya sederhana, industri kreatif butuh cara yang kreatif pula agar bertahan terlebih terus berkembang. Penggunaan digital bisa jadi mendorong industri yang sedang digeluti untuk menembus pasar internasional.

  • Kemampuan Membaca Peluang

Selanjutnya, kemampuan membaca peluang bagi pelaku industri. Industri apa pun bisa dilakoni dalam cakupan industri kreatif 4.0. Kebebasan ini justru membuat tantangan yang lebih besar dengan persaingan yang cukup ketat.

Kemampuan membaca peluang sekecil apa pun tentu saja jadi modal lain untuk masuk dalam ranah industri. Memang sulit untuk dilakukan, namun juga bukan berarti mustahil untuk ditaklukkan.

  • Perbanyak Relasi

Relasi bisa saja di dapatkan di mana dan kapan pun. Bukan sekedar mengobrol tapi juga mencari umpan timbal balik. Seperti halnya pada ranah industri, relasi dibutuhkan bukan hanya untuk mengembangkan bisnis tapi juga memperkuat sistem dalam bisnis.

Perlu diingat bahwa dalam industri kreatif memerlukan relasi dalam bidang apa pun seluas luasnya untuk membuka peluang bisnis yang lebih besar. Tidak melihat seberapa kecil maupun besar bisnis kamu, cobalah untuk perbanyak relasi dengan siapa saja.

  • Siapkan Perencanaan yang Matang

Tidak kalah penting, tentu saja dalam suatu industri haruslah memiliki perencanaan yang matang. Jangan sampai gegabah masuk ke ranah industri hanya karena ikut ikutan tren. Apalagi mengingat industri kreatif yang bisa dilakukan dengan modal minim.

Semakin terburu buru maka semakin besar juga kemungkinan untuk gagal. Setidaknya siapkan dulu perencanaan dalam jangka waktu satu tahun ke depan. Dengan begitu akan terlihat juga mana yang harus diteruskan dan mana yang harus ditinggalkan.

  • Jangan Takut Mencoba

Perencanaan yang matang tidak akan berhasil bila kamu masih takut mencoba. Bahkan banyak kasus bisnis tidak jadi meluncur hanya karena takut mencoba. Padahal perencanaan bahkan modal sudah matang disiapkan.

Berani ambil tindakan merupakan salah satu kunci sukses dalam mendirikan bisnis sendiri. Bila masih ragu kamu bisa banyak bertanya atau mencari informasi relevan untuk membulatkan terkait berbisnis.

  • Siapkan Pemasaran via Digital

Industri kreatif 4.0 mengedepankan sistem ekonomi dengan mengedepankan digitalisasi baik dalam proses pemasarannya. Kamu juga perlu mempersiapkan iklan pemasaran lewat media digital.

Tidak melulu video, kamu bisa juga mengunggah foto dari industri kreatif yang sedang di garap melalui platform seperti sosial media. Nantinya iklan bisa dikembangkan bila budget sudah memadai. Penarikan perhatian pasar tentu saja sangat penting dalam sektor ini.

  • Siapkan Sumber Dana yang Cukup

Terakhir, siapkan sumber dana yang cukup dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Dana di sini mencakup modal, biaya cadangan dan alokasi dana lainya. Siapkanlah sumber dana dari tempat terpercaya.

Lebih disarankan untuk menyiapkan dana di ‘kantong’ sendiri agar mudah didapatkan dan tidak memiliki bunga. Bagaimanapun dana merupakan hal yang tak kalah penting untuk membangun industri atau bisnis sendiri di era digitalisasi kreatif ini.

Tidak perlu takut untuk ikut berkecimpung dalam industri kreatif. Apa pun bisa dijadikan ladang bisnis kekinian dengan omzet yang menggiurkan. Perhatikan beberapa hal di atas sebagai fondasi untuk kamu memulai industri ala pebisnis andal.

Sumber : https://www.kemenparekraf.go.id/