Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan Sebelum Kelahiran
Lifestyle

10 Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan Sebelum Kelahiran

Hari kelahiran sudah dekat, apakah orang tua sudah mempersiapkan perlengkapan bayi untuk si kecil? Mungkin anda sedang bingung perlengkapan apa yang seharusnya dibeli dan ingin mencari referensi apakah perlengkapan yang tersedia sudah lengkap. Membeli perlengkapan bayi memang sebaiknya dilakukan sebelum kelahiran agar bayi yang baru lahir dapat langsung menggunakannya dan juga tidak akan merepotkan orang tua yang harus berbelanja setelah bayi lahir.

Daftar Perlengkapan Bayi yang Wajib Ada

Untuk memudahkan orang tua berbelanja, sebaiknya buat list belanja terlebih dahulu dan cari tahu apa yang harus dibeli. Sebaiknya membeli perlengkapan yang penting saja agar tidak boros. Berikut terdapat beberapa perlengkapan bayi yang wajib dimiliki sebelum kelahiran bayi :

  1. Baju

Anda bisa menyiapkan baju lengan panjang dan lengan pendek ataupun singlet sehingga dapat dikenakan sesuai dengan kebutuhan. Namun jumper lebih disarankan untuk bayi baru lahir. Pilihlah baju yang dapat menyerap keringat dan memiliki permukaan yang lembut agar tidak mengiritasi kulit bayi yang masih sensitif.

  1. Celana

Umumnya bayi lebih membutuhkan celana pendek agar tidak membatasi pergerakannya namun anda juga bisa menyiapkan beberapa helai celana panjang sehingga dapat digunakan saat musim dingin. Pilih celana dengan karet yang tidak terlalu kencang.

  1. Kaos kaki

Kaos kaki juga penting untuk menghangatkan bayi dan membuatnya nyaman. Pilihlah kaos kaki dengan ukuran yang pas dan juga elastis namun jangan terlalu ketat agar bayi tetap nyaman. Pilih bahan yang nyaman dan lembut serta dapat memberikan sirkulasi udara yang baik.

  1. Sarung tangan

Sebaiknya memilih sarung tangan yang terbuat dari katun dan bukan wol. Sarung tangan digunakan saat cuaca dingin untuk memberikan kehangatan pada si kecil.

  1. Bib atau tadah iler

Anda bisa memilih tadah iler yang menggunakan velcro sebagai pengikat sehingga lebih mudah menggunakannya pada bayi dan tidak harus mengikatnya lagi.

  1. Popok

Popok juga menjadi salah satu perlengkapan bayi yang penting karena bayi belum bisa memberi tahu kapan ingin buang air kecil dan buang air besar. Pilihlah popok berpori dan memiliki kandungan yang dapat menyerap cairan dengan baik untuk menjaga agar pantat bayi tetap kering.

  1. Sabun bayi

Anda bisa memilih sabun bayi yang tidak mengandung pewangi sintetis karena bahan kimia ditakutkan dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi yang masih sensitif. Jangan memilih yang terlalu banyak busa dan memilih sabun dengan kandungan anti bakteri serta memiliki kandungan pelembap yang baik. Anda juga bisa memilih sabun yang sekaligus dapat dijadikan sebagai shampo.

  1. Handuk bayi

Jika memungkinkan, pilih handuk yang memang dikhususkan untuk bayi karena biasanya memiliki bahan yang lembut, dapat menyerap air dengan baik serta lebih tahan lama. Untuk menjaga handuk dan baju bayi tidak mudah rusak, gunakan deterjen khusus pakaian bayi.

  1. Selimut bayi

Pilihlah selimut bayi dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh bayi. Pastikan selimut memiliki permukaan yang halus dan lembut, anti bakteri dan anti jamur. Selimut bayi bisa digunakan untuk menghangatkan bayi setelah mandi, pada saat cuaca dingin, atau saat tidur.

  1. Bak mandi bayi

Bak mandi juga menjadi perlengkapan bayi yang harus disiapkan terlebih dahulu. Pastikan alas bak mandi tidak licin atau anda bisa membeli alas bak mandi khusus agar bayi tidak tergelincir saat dimandikan.